Senin, 19 Maret 2012

Satu Semangat, Satu Harapan, Tarbiyah!


Akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu (17/3), sekitar 125 anak muda berkumpul di Taman Wiladatika Cibubur, Jakarta. Mereka tengah melaksanakan LDK Tunas Muda 2012 yang diselenggarakan oleh GM Pro dan Lembaga Training Trustco. Peserta yang berasal dari seluruh pelosok tanah air ini akan berada di Jakarta sampai Ahad, keesokkan harinya.

Dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, acara ini berlangsung sangat menyenangkan, dan menjadi wadah komunikasi sesama remaja tarbiyah dari seluruh Indonesia. Selama acara, mereka diberikan materi dan motivasi oleh para pengisi dan pemateri acara.

Walaupun banyak perbedaan jarak usia diantara peserta, tidak membuat mereka merasa canggung atau tidak nyaman, bahkan semakin akrab dengan yang lain. "Semalam kita ada yang tidak bisa tidur, tidak mau tidur malah, karena keasyikan membicarakan program-program ke depannya", kata Mush'ab Robany, salah seorang peserta yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat.

Selama hari kedua, para peserta LDK Tunas Muda 2012 ini lebih melakukan aktivitas diluar ruangan, seperti outbond, bermain Paint Ball, dsb. Di sesi terakhir, ada tambahan motivasi dari Jatmiko, salah seorang staff pengurus GM Pro. Beliau juga menjabarkan tentang kriteria seorang pemuda muslim, hingga jumlah pemuda yang benar-benar 'muslim' di Indonesia.

Sebelum ditutup sempat ada acoustic set dari Taufik Ridho, salah seorang personil grup nasyid haroki, Shoutul Harokah. Acara pun berakhir dengan tertib, disusul dengan salam-salaman para peserta dan pemateri. Beberapa peserta terlihat ada yang meneteskan air mata, terutama peserta akhwat. Memang, kesempatan untuk berkumpul bersama pemuda dengan semangat dan fikroh yang sejalan dari seluruh Indonesia seperti dua hari ini adalah sebuah kesempatan yang sangat jarang.

Dari acara itu pula terbentuklah sekitar 16 orang formatur perwakilan dari kelompok masing-masing yang akan segera membentuk forum offline dan online. "Pokoknya kita harus memaksimalkan segala lini agar semakin banyak pemuda muslim Indonesia yang ikut tarbiyah", tutur salah seorang formatur.

Untuk forum online, pada saat itu juga sudah dibuat akun facebook, twitter, grup BBM dsb. Sedangkan untuk forum offline, rencananya mereka akan melakukan rapat lanjutan Selasa pekan ini di Jakarta, dan akan dilanjutkan untuk forum nasional dan akan segera diresmikan yang rencananya akan dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara dalam waktu dekat ini.

Tunas Muda sendiri, adalah cikal bakal sebuah organisasi pemuda muslim seluruh indonesia yang berasal dari semangat dan gerakkan dakwah tarbiyah bersama, yang mana gerakkan tarbiyah tersebut sudah disebar di Indonesia oleh para orang tua mereka sejak puluhan tahun lalu. Anggota tunas muda sendiri biasanya aktif di lingkungan dakwah lokal seperti, Rohis, Risma, LDK, Majelis, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar